Datang dari Bintang Tetangga, Sinyal Aneh Ini Kembali Memberi Tanda Kalau Alien Itu Ada

Lagi, sinyal misterius datang dari bintang tetangga yang jaraknya 11 tahun tetangga. Apa benar itu adalah ulah alien?


Apakah aliena itu ada? Apakah makhluk fantastis dari galaksi lain memang kenyataan?

Artikel pilihan : Rahasia di Balik Penciptaan Tangan Manusia, Bagaimana Mungkin Selama Ini Muslim Tak Sadar?

Ini adalah pertanyaan yang telah diperdebatkan selama berabad-abad dari sekarang. Apakah alien ada di bumi?

Tidak ada jawaban pasti, tetapi hal ini menjadi subjek yang telah memikat imajinasi dari setiap manusia di dunia.

Apakah ada alien di luar sana? Jawabannya akan menjadi mantap ‘ya’, jika seseorang tersebut adalah penggemar film seperti X-files, Star Trek, Star Wars, Alien 1 2 3, MIB, dll.

Maka dari itu, dari perdebatan tersebut muncul pertanyaan ‘Apakah kita sendiri di alam semesta ini?”.

Sehingga pertanyaan ini memacu semangat para ilmuwan untuk mencari jawabannya ke luar angkasa dan mencari peradaban selain manusia.

Pencarian mereka pun menuai hasil, karena mereka berhasil mendeteksi adanya sinyal misterius yang berasal dari bintang tetangga tata surya kita.

Sinyal misterius yang bisa jadi menandakan sinyal yang berasal dari makhluk pintar ini berasal dari sistem tata surya dengan bintang katai merah (red dwarf) di pusatnya.

Sinyal yang berupa sinyal radio ini berasal dari Ross 128 yang memiliki terang cahaya 2.800 kali lebih redup dari matahari kita. Ross 128 hanya berjarak 11 tahun cahaya dari Bumi.

Abel Mendez seorang astrobiologis dari Universitas Puerto Rico di Arecibo melakukan observasi pada sistem tersebut selama 10 menit di mana dirinya mendapati sinyal tersebut.

Meski dirinya mengatakan bahwa kemungkinannya sangat kecil kalau sinyal tersebut berasal dari makhluk luar angkasa, namun kemungkinannya tetap ada.

Arecibo memiliki observatori dengan radio teleskop raksasa yang memang ditugaskan untuk mencari sinyal radio dari luar angkasa, termasuk di dalamnya adalah untuk mencari peradaban alien.

Mendez mengatakan bahwa kemungkinan besar sinyal yang dideteksi itu sebenarnya berasal dari obyek lain yang kebetulan berada di arah Ross 128.

Karena sudut penangkap Arecibo itu cukup lebar, bisa jadi sinyal dari satelit kita sendiri yang tertangkap oleh teleskop.” Ujar Mendez.

Namun Mendez kemudian menambahkan, “Meski demikian, kita belum pernah melihat satelit yang bisa memancarkan sinyal seperti itu.

Untuk mencari jawaban yang lebih pasti, Arecibo akan kembali mengamati Ross 128.

Jika kita bisa mendapatkan sinyal itu kembali, maka kita bisa melakukan penelusuran lebih jauh terkait asal-usul sinyal tersebut.

Namun yang jadi masalah adalah jika kita tidak berhasil menemukannya kembali, karena data yang kita punya tidaklah cukup untuk memberikan kesimpulan.”


Artikel pilihan : Dikira Hanya Ada dalam Dongeng, Apa yang Ditangkap Bocah Selepas Shalat Jum'at Ini Sungguh Aneh

Saat ini, radio teleskop yang mampu untuk menangkap sinyal-sinyal dari Ross 128 hanya bisa dilakukan oleh Arecibo.

Sedangkan radio teleskop yang jauh lebih besar di China, masih belum beroperasi. Radio teleskop bernama Five-hundred-meter Aperture Spherical radio Telescope (FAST) adalah radio teleskop terbesar di dunia yang diharapkan dapat langsung digunakan untuk menyelidiki sinyal misterius ini.

Sejauh ini, sinyal misterius dari luar angkasa sangat langka. Total baru ada 3 sinyal misterius yang terekam. Selain sinyal dari Ross 128, ada juga sinyal WOW yang sampai sekarang masih misteri dan sinyal dari bintang Tabby yang diduga berasal dari peralatan canggih milik alien.

Meskipun dari hal ini dapat diketahui bukti bahwa alien itu ada, lantas bagaimanakah kita bisa mengenali mereka?

Bagaimana kita tahu bahwa mereka adalah alien? Ini adalah kemungkinan bahwa kita tidak saling mengenal satu sama lain. Bagi mereka, apakah kita juga alien?



Sumber:wajibaca
close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==