Alat Untuk Motor Anti Begal, Karya Anak SMK yang Wajib Dimiliki

Belakangan ini kita sering mendengar berita tentang pencurian motor dengan disertai kekerasan terhadap korbannya atau yang lebih dikenal dengan istilah ‘begal’. Bahkan, tak tanggung-tanggung, para begal juga tak segan-segan untuk melukai bahkan membunuh para korbannya sebelum mereka membawa kabur kendaraan bermotor milik korban.

Untuk mengantisipasi hal itu, siswa SMKN 2 Surabaya memiliki sebuah inovasi untuk menciptakan sebuah alat yang bisa mencegah pencurian kendaraan bermotor dari para pembegal. Alat yang dipasang di sepedo motor itu bisa diletakkan di bagasi motor matik.

Menurut Widi Sutrisna, siswa jurusan instalasi teknik listrik SMKN 2 mengungkapkan, sepeda motor itu dirancang dengan sistem keamanan ekstra. Ada tiga pengaman yang akan menyulitkan pelaku kejahatan begal.

Pemilik harus menyentuh sensor terlebih dulu untuk bisa menyalakan mesin motor. Jika tidak dilakukan, maka motor tidak akan bisa digunakan. Sebaliknya, sepeda motor akan mengeluarkan suara alarm yang sangat memekakkan telinga.

Jadi, jika ada yang hendak mencuri motor, maka maling tersebut tidak akan berhasil. Sebab, motor tidak akan bisa dijalankan, malah muncul suara alarm. Namun, jika dibegal di tengah jalan, hal ini juga sudah diantisipasi oleh Widi. Di dalam alat yang dipasang di motor tersebut, terdapat simcard. 
Jika motor berhasil dibawa kabur, pemilik motor tinggal menelepon nomor sesuai simcard tadi. Maka, secara otomatis motor itu akan berhenti berjalan. Kemudian muncul suara alarm yang sangat keras. Sehingga, warga sekitar akan tahu bila ada pencurian motor.

Sistem tersebut masih berlaku untuk jarak dekat. Untuk jarak jauh, alat itu sangat mungkin ditambah GPS agar keberadaan motor tetap bisa dilacak. Sistem ini dipercaya bisa menjadi salah satu alternative mencegah kejahatan begal. Harga untuk sistem ini ditawarkan mencapai Rp. 1 juta.

Wah, keren ya hasil karya anak SMKN 2 Surabaya ini. Semoga saja tujuannya untuk mencegah kejahatan begal bisa terlaksana, sehingga tidak ada lagi kejahatan begal yang selama ini sudah meresahkan warga, khususnya para pengendara motor.


close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==