Cara Berbisnis Melalui Facebook

Bisnis online melalui Facebook memang makin diminati. Selain praktis dan mudah aplikasinya, bisnis online di Facebook juga bisa menjadi alternatif bagi Anda yang memiliki modal dengan jumlah terbatas. Dengan sistem online, setidaknya Anda akan terbebas dari biaya sewa tempat.

Agar bisnis online Anda di Facebook semakin menarik minat konsumen dan mampu bersaing dengan kompetitor sejenis, beberapa hal berikut ini perlu Anda perhatikan.



1. Memperluas jaringan
Semakin luas jaringan pertemanan yang Anda miliki, akan semakin luas pula segmentasi konsumen yang bisa Anda bidik untuk memasarkan produk Anda.

2. Memperbarui (update) status
Anda dituntut rajin memperbarui (update) status di Facebook. Yang perlu diperhatikan dalam memperbarui status, upayakan status yang berupa kata-kata tersebut disertai foto atau video produk yang menarik. Hal ini sekaligus sebagai ajang promosi untuk menarik minat pengguna Facebook terhadap produk yang Anda miliki.

3. Membuat album foto dan video dari produk bisnis Anda
Jangan lupa untuk mengelompokkan produk yang masih tersedia stoknya (ready-stock) atau pun yang sudah habis terjual (sold-out). Dengan cara ini, konsumen akan mudah mengetahui status produk jika mereka berminat melakukan pemesanan.

4. Menggunakan aplikasi "tag"
Jika Anda menampilkan foto maupun video produk yang Anda tawarkan, jangan lupa men-tag para pengguna Facebook yang sudah ada dalam daftar jaringan pertemanan Anda. Dengan cara ini, produk yang Anda tawarkan akan mudah mereka ketahui di status mereka.

5. Menampilkan testimoni

Testimoni pelanggan sangatlah penting ditampilkan. Hal ini akan meyakinkan konsumen terhadap produk yang Anda tawarkan. Semakin banyak testimoni yang memberikan respon positif, bisnis online Anda akan semakin banyak direkomendasikan.

6. Mencantumkan nomor kontak

Jangan lupa mencantumkan nomor kontak yang bisa dihubungi dengan mudah, baik alamat e-mail, nomor telepon, maupun alamat lokasi Anda.

Keunggulan berbisnis melalui Facebook

Beberapa keunggulan yang bisa kita dapatkan dengan membuka bisnis online melalui Facebook, antara lain:

1. Toko online yang kita miliki akan selalu buka dan bisa diakses selama 24 jam non-stop. Pada hari Ahad atau tanggal merah, toko online Anda tak perlu ikut-ikutan libur. Dengan demikian, konsumen bebas berkunjung untuk memilih produk maupun melakukan pemesanan, kapan pun dan di mana pun mereka inginkan. Tentu saja, ini lebih fleksibel.
2. Mesin pencari, seperti: Google, akan menjadi rekanan pemasaran setia bagi Anda secara gratis. Bahkan, meskipun kita tidak sedang online, Google akan terus bekerja layaknya salesman yang menjembatani produk kita dengan konsumen.
3. Anda akan terbebas dari biaya sewa tempat. Anda juga bisa berjualan kapan pun dan di mana pun, sesuai dengan keinginan Anda.

Nah, cukup mudah, 'kan? Selamat mencoba!

Oleh: Lely Noormindha
www.PengusahaMuslim.com
close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==