Mengintip Prospek Bisnis Warnet

Saat ini internet tidak lagi menjadi barang baru bagi sebagian besar masyarakat Indonesia, malah justru sudah menjadi kebutuhan yang selalu di cari cari. Selain sebagai hiburan internet juga menjadi penunjang pekerjaan dan bisnis. Hampir semua perkantoran dalam setiap ruangannya tersambung koneksi internet, begitupun pada lembaga – lembaga pendidikan seperti kampus dan sekolah – sekolah. Maka tidak heran bisnis ini di lirik banyak orang terutama bagi mereka yang memiliki banyak uang. Berdirilah warnet warnet hampir di setiap tempat, biasanya di perkotaan dan di lingkungan padat penduduk. Karena banyaknya yang tergoda di bisnis ini maka nampaklah persaingan yang cukup kentara di bisnis ini.
Bagi yang sudah matang dan memiliki pengalaman yang memadai dalam dunia perwarnetan persaingan bukanlah satu masalah besar yang perlu di takuti. Namun bagi mereka yang menjalankan usaha ini dengan kemampuan yang pas-pasan dan pengalaman yang belum teruji, persaingan menjadi batu sandungan besar untuk sukses di bisnis warnet. Jangankan untung yang ada malah buntung.
Berdasarkan pengamatan saya dan share dengan beberapa teman yang menjalankan bisnis ini, pada beberapa tempat warnet mengalami penurunan omzet yang cukup drastis. Faktor utama yang mempengaruhi kondisi tersebut adalah persaingan dan minimnya kemampuan/pengalaman sehingga tidak dapat berinovasi ketika mendapati gejala awal penurunan omzet, bahkan beberapa warnet gulung tikar karena pendapatan bulanannya tidak cukup untuk memenuhi pengeluaran rutin yang mesti di bayar.
Berbeda dengan warnet yang di kelola oleh orang yang cukup matang memahami seluk beluk warnet dari A sampai Z, sekalipun mesti bersaing dengan 4 warnet tetapi dapat bertahan walaupun mengalami penurunan omzet, dan penurunan omzetnya pun tidak terlalu mencemaskan.
Jadi kalau anda tertarik dengan bisnis ini pikirkanlah matang – matang, sebagaimana bisnis yang lain yang membutuhkan perencanaan bisnis yang matang dan mantap, terlebih bila anda mengalami keterbatasan kemampuan/pengetahuan dan pengalaman dalam dunia bisnis ini. Konsultasikanlah kepada rekan/teman atau pihak lain yang dapat anda percaya. Good Luck…

Source : setup-warnet.co.cc
close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==