Cara Hemat Pakai Ponsel


Bagi yang suka pakai ponsel tapi tak ingin boros, ada beberapa faktor yang harus dipertimbangkan seperti seberapa sering Anda menelepon, lama durasi telepon, waktu melakukan panggilan, jarak, tarif SMS, dan lain sebagainya.
Berikut beberapa tips perihal menghemat pemakaian pulsa:

1. Beralih ke kartu prabayar.
Bagi yang menggunakan kartu pascabayar dan merasa tak bisa mengontrol pemakaian pulsa, penggunaan kartu prabayar bisa dijadikan alternatif untuk mengatasi masalah tagihan telepon. Alternatif lain bisa melalui paket pemakaian pulsa. Anda bisa hubungi operator pascabayar Anda dan meminta paket pemakaian pulsa tertentu, misalnya hanya Rp 200.000 perbulan.
2. Manfaatkan SMS.
Jika tak tergesa-gesa sekali, tak ada salahnya Anda menggerak-gerakkan jari Anda di keypad ponsel untuk menyampaikan pesan ke kolega atau teman Anda. Cara seperti ini akan membantu Anda berhemat pulsa dan tentu saja uang.
3. Telepon dengan menggunakan operator yang sama.
Umumnya menelepon ke operator yang sama akan lebih murah ketimbang lintas operator. Cara lainnya, saat ini beberapa operator sudah ada yang memberlakukan tarif flat ke semua operator telekomunikasi, dimana tarif panggilan ke semua operator dihitung sama, tanpa melihat jarak dan waktu melakukan panggilan.
4. Matikan voicemail.
Seringkali saat kita menelepon ke teman tapi kita disambut oleh layanan voicemail. Pulsa jadi terpotong akibatnya. Coba matikan fitur voicemail Anda dan minta teman Anda juga menonaktifkannya, demi menghindari terpotongnya pulsa.
5. Coba buat daftar tarif SMS dan panggilan setiap operator.
Melalui cara ini, Anda bisa menentukan pilihan kartu mana saja yang menawarkan tarif pulsa dengan harga miring.
6. Manfaatkan tarif hemat.
Saat ini banyak operator yang menawarkan tarif hemat malam hari dengan harga supermurah dan sejenisnya. Kenapa tidak manfaatkan saja layanan seperti itu untuk menghemat pulsa Anda?
7. Alternatif CDMA.
Tak jarang saat ini banyak konsumen yang memiliki dua ponsel, satu yang berjalan pada teknologi GSM dan yang satu lagi di CDMA. Ponsel berbasiskan teknologi CDMA (Code Division Multiple Access) kian diminati banyak konsumen. Namun jelas, GSM masih menguasai pasar dilihat dari sisi pelanggan. Dilihat dari sisi tarif, tarif menelepon dengan ponsel berbasis CDMA lebih murah ketimbang ponsel berbasis GSM. Hal ini memungkinkan konsumen berkomunikasi menggunakan ponsel dengan tarif lokal ala telepon rumah.

close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==