Jalan untuk Bertobat

Setiap manusia pasti pernah melakukan kesalahan dan dosa. Baik yang disengaja maupun tidak disengaja. Baik dosa kepada Allah, maupun makhluk Allah.

Hal itu terjadi karena memang sudah merupakan ketentuan Allah SWT. Meskipun demikian, Allah SWT memberi beberapa sarana kepada umat manusia untuk melebur dosa dan kesalahan yang pernah dilakukannya.

Buku yang ditulis oleh Dr Manal Abu Hasan ini menguraikan beberapa hal yang berkaitan dengan kesalahan dan dosa yang dilakukan umat manusia, cara untuk bertaubat dan membersihkan diri dari noda dosa yang sudah telanjut ada, serta cara membentengi diri sehingga tidak melakukan hal yang sama. Penulis juga mengangkat kisah para nabi dan rasul serta perjalanan taubatnya yang bisa dijadikan cermin dalam kehidupan sehari-hari.

Penulis memulai bukunya dengan mengupas perjalanan para nabi menuju taubat (bab I). Di dalamnya tercakup perjalanan tobat Nabi Adam AS, Nabi Nuh AS, Nabi Ibrahim AS, Nabi Yunus AS, Nabi Musa AS, Nabi Dawud AS, dan Nabi Sulaiman AS. Bab II membahas klasifikasi dosa, baik berdasarkan pihak-pihak yang menyebabkan terjadinya dosa, berdasarkan bentuk dosa, maupun berdasarkan hak siapa dosa itu dilakukan.

Bab III merupakan inti buku ini, yakni tentang taubat. Dimulai dari pasal 1, yakni apa arti penting tobat, tahapan dan syarat tobat, serta program harian untuk memperbarui tobat sesuai petunjuk Rasulullah SAW. Maksudnya (tobat) insaf dari kemaksiatannya dan menyesalinya. (hlm 383)

Mengapa tobat itu penting dan apa hikmahnya? Karena setiap anak Adam (manusia) memiliki kesalahan, dan sebaik-baik orang yang memiliki kesalahan adalah yang memohon ampunan. (hlm 384) Penulis juga menegaskan keharusan menyegerakan bertobat. Seorang yang beriman wajib segera bertobat pada waktu yang paling dekat dengan saat mengetahui bahwa dia telah terjerumus dalam dosa. (hlm 389)

Buku ini dilengkapi dengan berbagai macam amalan/dosa yang perlu dibaca oleh setiap Muslim untuk mencegah dirinya dari berbuat kesalahan dan dosa, serta selalu dibimbing oleh Allah untuk selalu melakukan keataan dan amal saleh. Sebuah buku yang sangat perl dibaca oleh setiap Muslim agar memahami betul urgensi tobat. ika

Sumber dari buku Meniti Jalan Taubat



close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==